Menu Close

Berguna & Berarti

Berawal dari pencetus brand Eight yang memiliki passion dan keterlibatan dalam pergerakan musik indie di jogja, dimana kultur dan gaung pada saat itu sangat kental dengan nuansa semangat “local pride” -nya. Dengan semangat yang sama, pada akhir tahun 2008 pendiri Eight ini berinisiatif untuk mencari titik lain di luar musik yang dirasa perlu direkontruksi menggunakan energi yang serupa. Industri sandang menjadi pilihannya. Maka lahirlah Eight wardrobe.

Dengan jujur kami katakan bahwa ini salah satu cara agar “dapur tetap ngebul“. Dalam artian, tentu saja Eight wardrobe ini tidak akan bisa lepas dari perspektif bisnis. Namun dengan jujur pula kami katakan bahwa bukan itu satu-satunya alasan mengapa Eight wardrobe ada. Banyak irisan lain yang melatarbelakanginya. Salah satunya adalah karena industri ini menjadi komoditas yang begitu sexy bagi para brand luar negeri untuk masuk ke kalangan anak muda Indonesia. Kenyataannya, cukup banyak anak muda begitu hingar bingar menyambut datangnya brand dari luar negeri tersebut. Bahkan sampai saat ini.

Namun, kami tidak ingin berada pada posisi yang memusuhi. Kami memandang bahwa hal itu sangat wajar terjadi. Karena pada saat itu, patut diakui bahwa industri lokal masih belum siap untuk mengimbangi. Sehingga Eight wardrobe menempatkan diri pada posisi yang siap mengambil tantangan dengan berperan menjadi entitas alternatif dalam menghasilkan karya-karya yang mampu mengimbangi. Baik dari segi kualitas maupun kreatifitasnya. Dengan harapan, Eight wardrobe secara tidak langsung dapat memberikan energi dan semangat baru kepada anak muda di Indonesia sehingga anak muda di Indonesia dapat dengan percaya diri berkata bahwa “kita pun mampu melakukan itu“.

Semua itu menjadi alasan historis mengapa brand ini bernama Eight. Karena secara unsur filosofis, angka delapan merupakan angka yang menjadi simbol energi yang terus berputar, tak pernah habis, seolah abadi. Namun ternyata sungguh melebihi ekspektasi. Saat ini, energi itu tidak hanya berputar, tapi juga berkembang biak. Eight wardrobe sedikit demi sedikit mulai bergerak menjadi sebuah brand yang cukup konsen dan konsisten mewadahi dan mendorong semangat anak muda melalui dukungannya terhadap gerakan-gerakan komunal seperti skate, BMX, musik, media hingga literasi. Hal itu tentu saja menjadi semangat pula bagi kami untuk terus bergerak melalui karya dan gerakan-gerakan kecil yang membuat kami menjadi lebih berguna dan berarti.